Senin, 04 Oktober 2010

Performance Art ; Kekuatan dahsyat

Oleh: Yon Wahyuwono (Perupa Malang)

Penyakit sosial, ketimpangan sosial, orang-orang yang gak sosial, yang sosial tapi bagi kelompoknya, yang sosial kepada para miskin sebagai “ritual pencitraan” dan gaya-gaya hidup yang sok sosial merupakan efek ketidakpahaman akan hidup, ketidakpahaman akan makna dan penghayatan terhadap suasana keberagamaan dan kepercayaan akan keesaan Tuhan dengan segala himbauan, harapan, bahkan tegas-tegas dan jelas akan tujuan hidup yang baik, saling memahami kekurangan masing-masing menghargai sesama secara santun, ironis kan!
Enny Asrinawati, Dapeng Limo, Oktaviani Puspitasari dan kawan-kawan yang saya lihat adalah person-person yangmempunyai spirit kebudayaan dan spirit untuk berbuat yang terbaru, dan dianggap “pas” buat mereka. Masalah-masalah sosial yang menurut mereka tidak cukup diekspresikan lewat karya 2 dimensi atau 3 dimensi; bagi mereka yang palig penting bagaimana menyadarkan publik atau masyarakat bahwa inilah permasalahan yang sekarang memerlukan solusi. Memang even ini tidak serta merta dapat merubah tatanan kehidupan yang carut marut menjadi baik atau lebih baik. Di jaman sesama seniman yang masih berfikir-fikir dan melakukan kegiatan seni untuk ekonomi dan hidup. Mereka justru mempunyai cara memaknai hidup lewat kesenian dengan gaya performance tersebut. Beberapa ratus tahun yang lalu negeri ini, khususnya di Jawa ada kesenian yang memang dirancang dalam bentuk performance yang ditampilkan di lapangan terbuka dngan harapan ruang pentas menjadi luas dan bebas untuk menyampaikan pesan-pesan, apakah pesan kesejarahan, pesan kepahawanan, atau pesan tentang hidup yang harus lebih baik dan bermartabat. Ada performance kuda kepang, reog ponrogo, bantengan, dll. Di sanalah kehangatan terjalin antara pemain/seniman dengan penonton/publiknya. Saya tidak bermaksud membandingkan karyakarya mereka dengan karya nenek moyang kita atau performance art yang di garap oleh para seniman di barat maupun di timur. Ada benang merah yang tidak bisa dipungkiri karena style tersebut tetap aktual dan diperukan oleh seniman yang memilih berkarya lewat performance. Bahkan kita lihat cukup marak aksi para demonstran juga meyampaikan pesan, protes akan sesuatu hal dengan cara performance. Bagi mereka protes-protes secara apik, secara lesan, tulisan, bahkan berunding pun sudah tidak digubris, dengan maksud performance tersebut untuk membelalakkan mata, membuka mata dan hati pada yang tergugat. Meizhtruation Performance art di 17 Agustus 2010 menampilkan beberapa karya degan bingkai kemerdekaan; sekaligus memaknai kemerdekaan tidak sekedar pasang bendera. Hati dan semangat merah putih mengilhami proses kreatif enny dan kawan-kawan. Mulai dari persiapan, mendata lokasi performance, konsep-konsep dan merakit impian para performer hingga melibatkan publik, teman-teman seniman senior atau junior dari berbagai disiplin juga anak-anak dan orang tua di sekitar arena performance (jembatan splendid malang).
Selintas acara tersebut aneh, unik, lucu, bahkan banyak orang yang bertanya-tanya mau apa anak-anak muda tersebut. Banyak yang perlu dicermati dari performance mereka; gembo bak manusia lumpur mengekspresikan ide-idenya lewat tubuh dan kanvas sebagai media, dia mau tunjukkan inilah tubuhku, inilah kanvasku, kesenianku, lumpurku, mau di bawa kemana? Apakah otak kita lebih bersih dari lumpur-lumpur yang menghidupi cacing-cacing kita. Yang pasti dia tidak berfikir berapa harga lukisan pada tubuh dan kanvasnya. Dia bebaskan dirinya dari hal-hal lain yang barbau cetak uang. Dia ledakkan imajinya guna penyadaran bagi dirinya juga bagi orang lain akan makna lumpur atau tanah, masihkah orang atau bangsa ini menghormati tanah yang indah, yang subur dari sang pencipta?
Pugud tampil dengan membungkus tubuhnya dengan plastik bening mulai dari kepala hingga lututnya. Dia merefleksikan jaman yang serba plastik bahkan disadarinya bahwa produk teknologi maju itu perlu direspon, tidak hanya gunanya/manfaatnya saja, tetapi perlu diperhatikan betapa rusaknya lingkungan karena limbah plastik, atau betapa sesaknya hidup ini dengan melimpahnya sisa-sisa (limbah plastik) yang sulit hancur. Kita tidak boleh gagap merespon produk-produk tersebut.
Siklum memberi penyadaran pada publik yang hadir akan pentingnya ekosistem, keteraturan alam yang lebih baik. Ditepian sungai brantas (dibawah jembatan splendid malang) ia susun beberapa gelas aqua yang diisi ikan-ikan kecil serta angpao kecil yang diisikan pertanyaan tentang kemerdekaan pada saat yang ditentukan, maka ritual pelepasan ikan-ikan tersebut dilakukan oleh beberapa partisipan untuk melepas sungai tersebut ke sungai brantas. Semua orang tau bagaimana nasib ikan-ikan tersebut kelak hidupnya di air yang keruh penuh limbah manusia, sampah, deterjen, dan juga imbah pabrik! Apakah peristiwa tesebut dianggap angin lalu saja?
Dengan setianya performer hera dan kawan-kawan dengan musik perkusinya mengiringi even tersebut mulai awal hingga akhir. Doa telah di bacakan mbah wito pakar ludruk, puisi-puisi telah dilantunkan oleh Nur Hadi Lodji dan sekali lagi hera dan kawan-kawan mempertajam performance tersebut dengan hentakan-hentakan perkusinya.

Catatan kecil telah saya buat untuk mereka. Selamat bertempur anak muda. masa depan negeri adalah tanggung jawab kalian, jangan berhenti meledakkan pesan-pesan kehidupan bagi bangsa dan Negara ini lewat performance-performance yang lain. Quo vadis? Jangan lupa pesan sobatku, Totok Chevkotz, jebolan asdrafi; setelah ini ‘ngapain’? Wow, never ending for the winner!!

Malang, 30 Agustus 2010
Social disease, social inequality, people are not social, but for a social group, the social to the poor as a "ritual imagery" and the style of quasi-social lifestyle will live an effect incomprehension, misunderstanding of the meaning and the understanding of the atmosphere religious and belief in the oneness of God with all appeals, hope, even firmly and clearly the good life of purpose, lack of mutual understanding of each other in a polite respect, it's ironic!
Enny Asrinawati, Dapeng Limo, oktaviani Puspitasari and friends that I see is the persons who have the spirit of culture and spirit to do the latest, and is considered "fit" for them. Social problems which they say not enough is expressed through the work of 2 dimensional or 3 dimensional; for those who palig important how the public or the public realize that this is the problem that now requires a solution. Indeed, this event is not necessarily to change the order of a bawdy chaos to be good or better. In the era of fellow artists who still thinking and make art for economic activity and life. They actually have a way of meaning of life through art with the style of the performance. Several hundred years ago this country, especially in Java, there is art that is designed in the form of performance that is displayed in the open field arena space brother "hopes to be widely and free to convey the messages, whether historical message, the message of heroism, or message about life and dignity should be better. There is a performance horse braid, reog ponrogo, bantengan, etc.. That's where the warmth is established between the player / artist with the audience / public. I do not mean to compare their best work to the work of our ancestors or that the work on performance art by the artists in the west and the east.. There is a thread that can not be denied because the style is still actual and necessary by the artists who choose to work through performance. In fact we saw quite widespread actions of the demonstrators also convey the message, the protests will be something that by way of performance. Those protests were nicely, a goal, writing, and even negotiate also been ignored, with the purpose of performance is to open eyes wide, open eyes and hearts on the defendant. Meizhtruation Performance art on August 17, 2010 featuring several works degan frame independence, as well as meaning independence is not just a pair of flags. Red and white hearts and spirit to inspire the creative process Enny and friends. Starting from the preparation, record the location performance, concepts and assemble the dream of the performers to engage the public, fellow senior or junior artists from various disciplines as well as children and parents around the arena of performance (malang Splendid bridge).
Overview of the strange events, unique, funny, even many people who would wonder what these young children. Many are to be seen from their performance; gembo human tub mud express her ideas through the body and the canvas as a medium, he would point out this is my body, this is the canvas, my art, my mud, would be brought anywhere? Are our brains are cleaner than mud worms that feed us. To be sure he does not think what the price of the painting on the body and the canvas. He freed himself from other things about money. He blow his imagination to raising awareness for themselves as well as others of the meaning of mud or soil, still if the person or nation is honoring the beautiful land, lush from the creator?
Pugud appear with his body with clear plastic wrap from head to knee. He reflects the era of the all plastic even realize that advanced technology products that need to be responded to, not only useless / useful, but keep in mind how much damage to the environment because plastic waste, or how crowded this life with the abundance of the remains (plastic waste) is difficult destroyed . We should not stutter respond to these products.
Siklum give awareness to the public in attendance the importance of ecosystems, the regularity of nature better. on edge the Brantas River (below the bridge Splendid malang), he compiled some aqua glass filled with small fish and small envelope loaded question of independence at the time specified, then the ritual of releasing the fish is done by some participants to release it into the Brantas river. Everyone knows what happened to the fish of his life later in the murky water full of human waste, garbage, detergents, and also waste of factory! Whether the event is considered the wind went right?
With loyal performers hera and his friends with percussion accompany these events from early to late. Prayers have been read out mbah Wito ludruk experts, the poems have been sung by Nur Hadi Lodji and once again hera and his colleagues sharpen the performance with their percussion
Small note I have created for them. Congratulations to fight youth. the future of the country are the responsibility of you, do not stop blowing the messages of life for the nation and the country is through another performances. Quo vadis? Do not forget to message my friend, Totok Chevkotz, graduate form asdrafi; after this 'doing'? Wow, never ending for the winner!

Malang, August 30, 2010